TY - UNPB ID - eprints15089 UR - http://digilib.unila.ac.id/15089/ A1 - 1013079039, Heny Afrina Y1 - 2012/10/14/ N2 - Penelitian ini adalah bermula dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Branti Raya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Branti Raya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan pada mata pelajaran Matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, tiap-tiap siklus melalui tahapan ; (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap observasi, (4) tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Negeri 2 Branti Raya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Hal ini ditunjukkan berdasarkan peningkatan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (30%) menjadi (75%) pada siklus II, atau mengalami peningkatan sebesar 45%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I (51) menjadi (62) pada siklus II. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BRANTI RAYA KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011 - 2012 AV - restricted ER -