%A AMINATUN KHASANAH 1013079181 %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TALANG JAWA KECAMATAN MERBAU MATARAM TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Objek peneliti berjumlah 20 orang siswa kelas IV SD Negeri 1 Talang Jawa. Materi pelajaran adalah sumber daya alam mata pelajaran IPA. Pengambilan data menggunakan metode observasi, angket, tes tulis dan perbuatan, serta dokumentasi. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian melalui perbaikan pembelajaran diperoleh rata-rata 66,5 pada siklus I dan sebesar 70,5 pada siklus II. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 65% meningkat menjadi 85% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 75% aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 82%. Artinya perbaikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints15091