%0 Thesis %9 Other %A 1013109008, Elis Dahlina %B FKIP %D 2012 %F eprints:15093 %I Universitas Lampung %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK DAN PEMANFAATAN ALAT PERAGA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KUTOARJO TAHUN AJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/15093/ %X Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS, siswa di kelas IV SDN 1 Kutoarjo, kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2011-2012. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan metode kerja kelompok dan pemanfaatan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Kutoarjo Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Kutoarjo Kecamatan Gedong Tataan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 4 langkah kegiatan, meliputi kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah perangkat tes, lembar observasi, catatan lapangan yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan kinerja guru. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis kualitatif berupa persentase keaktifan siswa dan data kuantitatif berupa hasil tes siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I mencapai 60% dan siklus II sebasar 74.8%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 14,8%. Hasil belajar siswa, pada siklus I rata-rata nilai mencapai 67,76 dan siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 75,65, sehingga terjadi peningkatan sebesar 10,11.