@unpublished{eprints15095, month = {Oktober}, title = {Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pasar Baru Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran Tahun Pelajaran 2011-2012}, school = {Universitas Lampung}, author = {Reni Indriyani 1013109041}, year = {2012}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15095/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa sehingga tidak terpenuhinya KKM yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperbaiki dan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui metode diskusi di kelas IV SDN 1 Pasar Baru Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini dilaksanakan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan siklus berdaur ulang. Tahapan yang dilakukan adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari pengamatan yang dilakukan pada proses pembelajaran siklus I, II dan III, dimana aktivitas siswa dalam pembelajaran didapat skor pada siklus I sebesar 62\% (berarti tidak aktif), pada siklus II sebesar 77\% (berarti kurang aktif) dan pada siklus III sebesar 83\% (berarti aktif), sedangkan hasil belajar siswa didapat siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 63, Siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 70, dan siklus III dengan nilai rata-rata sebesar 79, dan ketuntasan belajar siswa meningkat pada siklus I sebesar 38\% (tidak tuntas), pada siklus II sebesar 62\% (tidak tuntas) dan pada siklus III sebesar 96\% (tuntas).} }