TY - UNPB ID - eprints15096 UR - http://digilib.unila.ac.id/15096/ A1 - 1013109079, Aidah Y1 - 2012/10/15/ N2 - Hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN 1 Sungailangka pada tahun Ajaran 2012-2013 belum mencapai nilai KKM 60. Guru mengajarkan mata pelajaran matematika belum menggunakan metode yang menarik dan tidak melibatkan siswa secara aktif sehingga pembelajaran tidak menarik serta membosankan siswa. Dengan menggunaka metode Problem Solving (pemecahan masalah) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa khususnya untuk materi Penjumlahan dan Pengurangan dalam Pecahan siswa kelas IV SDN 1 Sungailangka. Hasil penelitian berdasarkan analisis dapat disimpulkan: (a) dengan menggunakan metode Problem Solving (pemecahan masalah) anak dapat berpikir dan bernalar untuk memecahkan suatu masalah khususnya dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan dalam pecahan, (b) menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Sungailangka. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan kesimpulan yang diperoleh, maka saran peneliti kepada seluruh guru khususnya guru yang mengajar mata pelajaran matematika untuk menggunakan metode-metode yang menarik seperti metode problem solving salah satunya dengan memberikan kartu kerja siswa (KK). PB - Universitas Lampung M1 - other TI - UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 1 SUNGAILANGKA KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN AV - restricted ER -