%A NOOR SYARIFAH HASAN Hasan %T PENGARUH WAKTU PEMERAMAN TERHADAP KEKUATAN PAVING BLOCK PASCA PEMBAKARAN MENGGUNAKAN MATERIAL CAMPURAN TANAH LEMPUNG DAN SEMEN SERTA PASIR UNTUK JALAN LINGKUNGAN %X Paving block merupakan konstruksi perkerasan jalan yang ramah lingkungan, memiliki sifat kuat tekan yang baik, dapat menahan beban dalam batasan tertentu, dan mudah dalam pekerjaan pemasangan. Paving block terbuat dari campuran semen portland atau bahan perekat hidrolisis sejenisnya, air, dan agregat dengan atau tanpa bahan lainnya. Pada penelitian ini proses pembuatan paving block akan dicoba menggunakan campuran tanah lempung, semen portland, dan pasir. Selain itu dilakukan pemeraman terhadap paving block yang diharapkan akan meningkatkan kekuatan paving block sehingga dapat menghasilkan paving block yang relatif murah namun memiliki kualitas yang baik agar dapat digunakan oleh masyarakat. Sampel tanah yang diuji pada penelitian ini yaitu tanah lempung yang berasal dari daerah Karang Anyar, Lampung Selatan. Variasi kadar campuran yang digunakan adalah 6%, 8%, dan 10% semen dan 5% pasir pada setiap variasi campuran semen dengan variasi waktu pemeraman 7 hari, 14 hari, dan 28 hari serta dengan perlakuan pembakaran dan tanpa pembakaran sampel paving block. Berdasarkan hasil pengujian fisik tanah asli, USCS mengklasifikasikan sampel tanah sebagai tanah berbutir halus dan termasuk ke dalam kelompok CL. Hasil dari penelitian ini adalah pembuatan paving block menggunakan material tanah lempung, semen, dan pasir tidak memenuhi SNI paving block. Akan tetapi, penambahan bahan aditif dan pemeraman yang dilakukan dapat meningkatkan sifat fisik dan mekanik tanah. Hal ini terbukti dengan meningkatnya nilai kadar air optimum dan berat jenis campuran. Untuk nilai kuat tekan paving block tanpa pembakaran dan dengan proses pembakaran paling baik ditunjukkan pada penambahan kadar campuran 10% dengan waktu pemeraman 28 hari. Kata Kunci : Paving block, tanah lempung, kuat tekan, waktu pemeraman %C Universitas Lampung %D 2013 %I Fakultas Teknik %L eprints151