TY - UNPB ID - eprints15100 UR - http://digilib.unila.ac.id/15100/ A1 - 1013119008, DARMAIN Y1 - 2012/12/03/ N2 - Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya : model yang digunakan masih menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas, oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tindakan kelas yang subjeknya kelas VI SD Negeri 7 Gadingejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sisw dengan menggunakan pembelajaran kooperatif melalui model Student Teams Achivement Division (STAD). Penelitian ini dibagi menjadi dua siklus setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model student teams achivement division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 7 Gadingrejo, dari siklus pertama menunjukan meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa pada siklus pertama 10 menjadi 18 dan hasil belajar pada siklus I rata-rata 65 % dan 90 % pada siklus ke dua. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIVEMENT (STAD) BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI 7 GADINGREJO KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN 2011-2012 AV - restricted ER -