@unpublished{eprints15102, month = {Desember}, title = {PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SINARMULYA KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012}, school = {Universitas Lampung}, author = {SRIYANI 1013119072}, year = {2012}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15102/}, abstract = {Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sinarmulya terlihat bahwa persentase kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih di bawah KKM, ini disebabkan pembelajaran yang sering dilakukan oleh guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional dan kurang inovatif. Kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia hanya berisi kegiatan rutin berdasarkan instruksi guru dan sudah menjadi kebiasaan yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun, karena guru tidak menggunakan media pembelajaran, guru banyak menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Model penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang terdiri atas 3 siklus, setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah siswa 29 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 21 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilaksanakan melalui pendekatan kontekstual mampu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sinarmulya, hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan membaca pemahaman di setiap siklusnya. Kemampuan membaca pemahaman baik dilihat dari kelancaran membaca, ketepatan menggunakan tanda baca, ketepatan dalam melafalkan, ketepatan dalam intonasi membaca, dan menjelaskan kembali isi bacaan yang semula pada siklus I hanya 62,7\% meningkat menjadi 68,27\% pada siklus II dan 96,55\% pada siklus ke III.} }