@misc{eprints15129, month = {Juni}, title = {UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG HURUF MELALUI PERMAINAN TAPLAK DI TK INSAN MANDIRI}, author = {1213254001 AISYAH NUR SUCIATI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15129/}, abstract = {ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan mengenal lambang huruf pada anak usia dini belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf melalui permainan taplak. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan, yakni : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi, yang terdiri dari tiga siklus dan setiap siklusnya ada dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data digunakan tehnik observasi dengan panduan instrument observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif.kemudian dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui permainan taplak dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf. Peningkatan kemampuan mengenal lambang huruf dapat terlihat dari yang semula kemampuan mengenal lambang huruf pada siklus I hanya 30,00 persen. Pada siklus II meningkat menjadi 50,00 persen dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 74,00 persen. Dengan demikian maka pembelajaran melalui bermain taplak dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf pada Anak Usia Dini. Kata kunci: lambang huruf, permainan taplak.} }