@unpublished{eprints15140, month = {Oktober}, title = {PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI SKILL ARGUMETASI VERBAL dan NONVERBAL DENGAN PENDEKATAN GROUP INVESTIGATION (GI)}, school = {Universitas Lampung}, author = {Sri Wahyuni 0743022051}, year = {2012}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15140/}, abstract = {Dalam pembelajaran siswa mempunyai kemampuan menalar sendiri-sendiri, baik dengan pendekatan verbal ataupun nonverbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa menggunakan skill argumentasi verbal dan siswa yang menggunakan skill argumentasi nonverbal dengan teknik GI, mengetahui perolehan rata-rata hasil belajar siswa yang lebih tinggi antara siswa menggunakan skill argumentasi verbal dan siswa yang menggunakan skill arumentasi nonverbal dengan teknik GI. Desain penelitian adalah Posttest-Only Control Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan VIII F pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar fisika siswa yang menggunakan skill argumentasi verbal dan peningkatan rata-rata hasil belajar fisika siswa yang menggunakan skill argumentasi nonverbal. Berdasarkan rata-rata nilai posttes skill argumentasi verbal sebesar 82,00 dan posttes skill argumentasi nonverbal sebesar 62,26 . Hasil uji Independent Samples t-test diketahui nilai t tabel 1,701 dan t hitung Sri Wahyuni 6,036 (6,036 {\ensuremath{>}} 1,701) dengan nilai sig pada kemampuan siswa dalam mengikuti pendekatan pembelajaran adalah sebesar (0.05). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa : (1) ada perbedaan hasil belajar antara siswa menggunakan skill argumentasi verbal dan siswa yang menggunakan skill argumentasi nonverbal dengan teknik GI; (2) perolehan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan skill argumentasi verbal dengan teknik GI lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan skill argumentasi verbal dengan teknik GI} }