%A Sri Wahyuni 0743022051
%T PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI
SKILL ARGUMETASI VERBAL dan NONVERBAL DENGAN
PENDEKATAN GROUP INVESTIGATION (GI)
%X Dalam pembelajaran siswa mempunyai kemampuan menalar sendiri-sendiri, baik
dengan pendekatan verbal ataupun nonverbal. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa menggunakan skill argumentasi
verbal dan siswa yang menggunakan skill argumentasi nonverbal dengan teknik
GI, mengetahui perolehan rata-rata hasil belajar siswa yang lebih tinggi antara
siswa menggunakan skill argumentasi verbal dan siswa yang menggunakan skill
arumentasi nonverbal dengan teknik GI. Desain penelitian adalah Posttest-Only
Control Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan VIII F
pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar fisika siswa
yang menggunakan skill argumentasi verbal dan peningkatan rata-rata hasil
belajar fisika siswa yang menggunakan skill argumentasi nonverbal. Berdasarkan
rata-rata nilai posttes skill argumentasi verbal sebesar 82,00 dan posttes skill
argumentasi nonverbal sebesar 62,26 . Hasil uji Independent Samples t-test
diketahui nilai t
tabel
1,701 dan t
hitung
Sri Wahyuni
6,036 (6,036 > 1,701) dengan nilai sig pada
kemampuan siswa dalam mengikuti pendekatan pembelajaran adalah sebesar
(0.05). Berdasarkan
hasil penelitian disimpulkan bahwa : (1) ada perbedaan hasil belajar antara siswa
menggunakan skill argumentasi verbal dan siswa yang menggunakan skill
argumentasi nonverbal dengan teknik GI; (2) perolehan rata-rata hasil belajar
siswa yang menggunakan skill argumentasi verbal dengan teknik GI lebih tinggi
dibandingkan siswa yang menggunakan skill argumentasi verbal dengan teknik GI
%D 2012
%I Universitas Lampung
%L eprints15140