%A Arief Hidayat 0813022004 %T ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA %X Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar fisika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan Number Heads Together (NHT) dengan memperhatikan kemampuan awal siswa pada mata pelajaran fisika kelas VIII di SMP Negeri 1 Padang Ratu Kabupaten Lampung Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya quasi eksperiment design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 210 orang siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 48 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan awal untuk mengetahui tingkat kemampuan awal siswa pada mata pelajaran fisika dan tes hasil belajar untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa setelah diterapkan model pembelajaran tersebut. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan rumus varians dua jalur dan rumus t-test separated varians. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar fisika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Arief Hidayat Investigation (GI) lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT). (2) Hasil belajar fisika pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih tinggi dibandingkan yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT). (3) Hasil belajar fisika pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih tinggi dibandingkan yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT). (4) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan kemampuan awal siswa pada mata pelajaran fisika siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Padang Ratu Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2011/2012. %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints15142