%A Fatimah Triyaningsih 0813022030 %T PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN E3DU DAN MODEL PEMBELAJARAN LC5E PADA MATERI LISTRIK DINAMIS %X Kesempatan interaksi dengan sesama siswa akan lebih mengembangkan kemampuan siswa dalam mengomunikasikan gagasannya mengenai materi yang sedang dibahas. Oleh sebab itu, sebaiknya guru dapat merancang kegiatan pembelajaran yang membuat siswa nyaman untuk berinteraksi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu variasi model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan dapat meningkatkan hasil belajar adalah penggunaan model pembelajaran E3DU dan LC5E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar ranah kognitif siswa pada pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran E3DU dan model pembelajaran LC5E. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tipe One- Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan skor gain dan N-gain sedangkan pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent Sample T Test. %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints15145