%A Fatimah Triyaningsih  0813022030
%T PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN
MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN E3DU DAN  
MODEL PEMBELAJARAN LC5E PADA 
MATERI  LISTRIK DINAMIS  
%X Kesempatan interaksi dengan sesama siswa akan lebih mengembangkan 
kemampuan siswa dalam mengomunikasikan gagasannya mengenai materi yang 
sedang dibahas. Oleh sebab itu, sebaiknya guru dapat merancang kegiatan 
pembelajaran yang membuat siswa nyaman untuk berinteraksi sehingga dapat 
meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu variasi model pembelajaran yang 
dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan dapat meningkatkan 
hasil belajar adalah penggunaan model pembelajaran E3DU dan LC5E. 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar ranah 
kognitif siswa pada pembelajaran fisika dengan menggunakan model 
pembelajaran E3DU dan model pembelajaran LC5E. Desain eksperimen pada 
penelitian ini menggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tipe One-
Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data hasil belajar siswa 
menggunakan skor gain dan N-gain sedangkan pengujian hipotesis dengan 
menggunakan Independent Sample T Test. 
%D 2012
%I Universitas Lampung
%L eprints15145