%0 Thesis %9 Other %A 0853022004, Ayu Noviana %B FKIP %D 2012 %F eprints:15149 %I Universitas Lampung %T PERBANDINGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E(LC3E) %U http://digilib.unila.ac.id/15149/ %X Berdasarkan penelitian yang dilakukan masih banyak guru yang menggunakan pembelajaran konvensional sebagai alternatif yang sering digunakan di kelas sehingga siswa sulit dalam menerima, merespon, serta mengembangkan materi yang diberikan oleh guru. Sehingga motivasi berprestasi siswa tidak berkembang. Penelitian ini membandingkan motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa antara model pembelajaran Guided Inquiry dengan Learning Cycle 3E. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, (1) Perbedaan rata-rata motivasi berprestasi siswa antara model pembelajaran Guided Inquiry dengan model pembelajaran Learning Cycle 3E; (2) Perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara model pembelajaran Guided Inquiry dengan model pembelajaran Learning Cycle 3E. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMA PGRI 2 Pringsewu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA pada semester genap sedangkan sampel yang diambil yaitu kelas XI IPA 1 menggunakan model Guided Inquiry dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas yang sebagai kelas yang menggunakan model LC3E. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sampling Total. Berdasarkan populasi yang terdiri dari 2 Ayu Noviana kelas diambil seluruhnya sebagai sampel. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk True Experimental Design dengan tipe Posttest-Only Control Design. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan adalah ada perbedaan ratarata rata motivasi berprestasi siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika antara model pembelajaran Guided Inquiry dengan model pembelajaran Learning Cycle 3E. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry memiliki perbedaan yang tidak signifikan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran LC3E. Dengan rata-rata nilai hasil belajar pada kelas Guided Inquiry 77,57 sedangkan pada kelas LC3E 62,52. Terdapat perbedaan rata-rata motivasi berprestasi siswa, dengan rata-rata nilai motivasi berprestasi pada kelas Guided Inquiry 76,00 sedangkan pada kelas LC3E 59,20.