@unpublished{eprints15152, month = {Nopember}, title = {PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PERFORMANCE UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR SISWA}, school = {Universitas Lampung}, author = {Dewi Ratnawati 0853022009}, year = {2012}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15152/}, abstract = {Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan diketahui bahwa kegiatan pembelajaran yang melibatkan kinerja siswa dalam melakukan percobaan terkadang sudah diterapkan, namun penilaian kinerja siswa untuk aspek proses ketika praktikum jarang dilakukan karena guru lebih sering menilai kinerja siswa berupa produknya yang biasanya berupa laporan hasil kegiatan praktikum, padahal penilaian berupa laporan hasil kegiatan kurang mampu menunjukkan kinerja dari tiap individu siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian performance yang memuat kompetensi, materi, uraian tugas, panduan penggunaan, rubrik penskoran, panduan penilaian, lembar penilaian performance dan contoh penilaian pada pokok bahasan fluida statis materi hukum Archimedes yang teruji sesuai teori serta dinyatakan efektif digunakan sebagai instrumen penilaian performance siswa. Pengembangan instrumen penilaian performance mengadaptasi model pengembangan instrumen penilaian performance termodifikasi yang diadaptasi dari prosedur pengembangan produk dan uji produk menurut Asyar. Mengacu Dewi Ratnawati pada model pengembangan tersebut yang meliputi: penelitian pendahuluan, pengembangan produk, validasi ahli yang dilakukan oleh pakar dan guru fisika, Dewi Ratnawati uji coba lapangan yang terdiri dari uji satu lawan satu (one on one) dan kelompok. Produk akhir berupa instrumen penilaian performance siswa, yaitu suatu alat penilaian yang dapat digunakan untuk menilai kinerja siswa dimana di dalam instrumen penilaian ini memuat kompetensi, uraian tugas, panduan penggunaan, rubrik penskoran, panduan penilaian, lembar penilaian performance dan contoh penilaian. Hasil uji ahli menunjukkan instrumen penilaian performance yang dikembangkan telah sesuai dengan teori dan layak digunakan sebagai instrumen penilaian. Hasil uji lapangan menunjukkan instrumen penilaian performance efektif digunakan sebagai instrumen penilaian kinerja. Kualitas instrumen penilaian performance: sangat menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat. } }