title: STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY INQUIRY DENGAN PROBLEM POSING creator: 0853022031, Leni Susnita subject: description: Penerapan model pembelajaran sangat berpengaruh pada hasil belajar yang akan diperoleh siswa. Oleh karena itu maka model pembelajaran yang digunakan harus benar-benar tepat. Hasil belajar adalah suatu pencapaian usaha belajar yang dilakukan siswa dalam aktivitas belajar yang menentukan tingkat keberhasilan pemahaman siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika siswa melalui model pembelajaran discovery inquiry (2) peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika melalui model pembelajaran problem posing type post solution posing (3) perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika antara model pembelajaran discovery inquiry dengan model pembelajaran problem posing type post solution posing. Populasi penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas X SMA Perintis 1 Bandar Lampung pada semester genap Tahun Pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 350 siswa. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling dan diperoleh 2 kelas sebagai sampel penelitian ini, yaitu siswa kelas X7 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 35 siswa dan kelas X9 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 29 siswa. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Rata-rata hasil belajar fisika siswa Leni Susnita Leni Susnita dengan menggunakan model pembelajaran discovery inquiry meningkat secara signifikan dari rata-rata hasil nilai pretest 50,71 menjadi 78,29 pada hasil nilai posttest, dan perolehan skor N-gain sebesar 0,546 dengan kategori (tinggi). (2) Rata-rata hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem posing type post solution posing meningkat secara signifikan dari 49,48 menjadi 72,93 dan perolehan skor N-gain sebesar 0,461 dengan kategori (sedang). (3) Terdapat perbedaan yang cukup signifikan skor N-gain rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery inquiry dengan problem posing type post solution posing. Perolehan skor N-gain rata-rata hasil belajar fisika siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery inquiry lebih besar dari problem posing type post solution posing. date: 2012-12-10 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15157/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15157/2/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15157/3/bab%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15157/4/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15157/5/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15157/6/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15157/7/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15157/8/COVER.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15157/9/cover2.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15157/10/DAFTAR%20ISI%20Oke.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15157/11/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15157/12/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15157/13/Judul%20Skripsi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15157/14/MENGESAHKAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15157/15/MOTTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15157/16/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15157/17/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15157/18/SANWANCANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15157/19/SURAT%20PERNYATAAN.pdf identifier: 0853022031, Leni Susnita (2012) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY INQUIRY DENGAN PROBLEM POSING. Other thesis, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/15157/