%0 Thesis %9 Other %A 0853022043, Resa Saptalia %B FKIP %D 2012 %F eprints:15159 %I Universitas Lampung %T PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN SNOWBALL THROWING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA DI KELAS XI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/15159/ %X Berdasarkan penelitian yang dilakukan masih banyak guru menggunakan metode ceramah sebagai alternatif yang sering digunakan di kelas. Sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Penelitian ini membandingkan hasil belajar siswa antara pembelajaran menggunakan model Team Games Tournamen dengan Snowball Throwing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan Team Games Tournamen dengan Snowball Throwing: (2) Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Team Games Tournamen dengan Snowball Throwing ditinjau dari kemmpuan awal siswa: (3) Mengetahui interaksi antara kemampuan awal siswa yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournamen dengan Snowball Throwing terhadap hasil belajar fisika. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMA Al-Azhar 3 Bandar lampung. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA pada semester genap sedangkan sampel yang diambil yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran Team Games Tournamen dan kelas XI Resa Saptalia IPA 4 sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Pemilihan kelas sampel dengan metode purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain faktorial 2x3 yang merupakan modifikasi dari quasi experimental design. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan adalah ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model Team Games Tournamen dengan Snowball Throwing. Ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Team Games Tournamen dengan Snowball Throwing ditinjau dari kemampuan awal siswa. Tidak ada interaksi antara kemampuan awal siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Games Tournamen dan Snowball Throwing terhadap hasil belajar fisika. Rata- rata hasil belajar (posttest) pada kelas Team Games Tournamen yaitu sebesar 78,67 sedangkan pada kelas Snowball Throwing yaitu sebesar 83,83. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan dengan kelas Team Games Tournamen.