creators_name: 0853022044, Resti Susanti type: thesis datestamp: 2015-12-07 02:05:32 lastmod: 2015-12-07 02:05:32 metadata_visibility: show title: PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DENGAN PROBLEM SOLVING ispublished: unpub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Kreativitas seorang guru dalam mengajar fisika di SMP menjadi faktor penting agar fisika menjadi mata pelajaran yang menyenangkan dan menarik di dalam kelas. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa antara model pembelajaran CLIS dengan problem solving di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika sebelum dan sesudah pembelajaran pada materi getaran dan gelombang dengan model CLIS dan problem solving serta untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model CLIS dan problem solving. Desain penelitian adalah pretest-postest control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan VIII E di SMP Negeri 26 Bandar Lampung. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan teknik analisis data menggunakan uji independent samples t-test Hasil belajar fisika pada model pembelajaran CLIS lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran problem solving. Dengan nilai rata-rata hasil belajar model pembelajaran CLIS 76,97 dan nilai rata-rata model pembelajaran problem solving 68,64. Kemampuan berpikir kritis siswa pada model pembelajaran CLIS lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran problem solving. Dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis model pembelajaran CLIS 69,10 dan nilai rata-rata model pembelajaran problem solving 61,95. date: 2012-10-09 date_type: published institution: Universitas Lampung department: FKIP thesis_type: other citation: 0853022044, Resti Susanti (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DENGAN PROBLEM SOLVING. Other thesis, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/15160/1/1.%20cover%20luar.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15160/2/2.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15160/3/3.%20cover%20dalam.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15160/4/4.%20menyetujui.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15160/5/5.%20MENGESAHKAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15160/6/6.%20SURAT%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15160/7/7.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15160/8/8.%20motto.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15160/9/9.%20PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15160/10/10.%20SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15160/11/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15160/12/12.%20DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15160/13/13.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15160/14/Bab%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15160/15/Bab%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15160/16/Bab%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15160/17/Bab%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15160/18/Bab%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15160/19/Daftar%20Pustaka.pdf