TY - UNPB ID - eprints15161 UR - http://digilib.unila.ac.id/15161/ A1 - 0853022045, Rika Kartikawati Y1 - 2012/11/02/ N2 - erdasarkan penelitian yang dilakukan masih banyak guru menggunakan metode ceramah sebagai alternatif yang sering digunakan di kelas. Pada penelitian ini membandingkan hasil belajar fisika siswa antara metode pembelajaran Problem Solving dengan Numbered Heads Together. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, (1) Perbedaan rata-rata hasil belajar fisika siswa, antara kelas yang menggunakan metode problem solving (PS) dengan numbered heads together (NHT); (2) Perolehan nilai hasil belajar fisika siswa manakah yang lebih baik antara kelas yang menggunakan metode problem solving (PS) atau numbered heads together (NHT). Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMAN 15 Bandar Lampung. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester genap Tahun Pelajaran 2011/2012 di SMA 15 Bandar Lampung. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan menggunakan teknik sampling total. Berdasarkan populasi yang terdiri dari 2 kelas yang di ambil seluruhnya sebagai sampel. Sampel yang diperoleh adalah kelas XI IPA 2 kelompok eksperimen 1 dan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen 2. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan Rika Kartikawati Rika Kartikawati metode problem solving dengan Numbered Heads Together. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode problem solving memiliki perbedaan dengan kelas yang menggunakan Numbered Heads Together. Dengan rata-rata nilai hasil belajar pada kelas problem solving 74,24 sedangkan pada kelas Numbered Heads Together 65,81. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA METODE PROBLEM SOLVING (PS) DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) AV - restricted ER -