%A Sarwina Febriyeti 0853022047 %T HUBUNGAN SKILL ARGUMENTASI ILMIAH DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING %X Berdasarkan penelitian yang dilakukan masih banyak guru menggunakan metode ceramah sebagai alternatif yang sering digunakan di kelas. Sehingga skill argumentasi dan keterampilan proses sains siswa kurang berkembang. Tujuan penelitian ini ?mengidentifikasi hubungan antara skill argumentasi ilmiah dengan keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika menggunakan model inkuiri terbimbing? Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMA Al-azhar 3 Bandar Lampung. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X pada semester genap sedangkan sampel yang diambil yaitu kelas X 1 Pemilihan kelas sampel dengan metode purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Shot Case Study. Dalam desain ini satu kelompok yang dipilih sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan ada hubungan yang positif dan signifikan antara skill argumentasi dengan keterampilan proses sains. Nilai skill argumentasi Sarwina Febriyeti siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai keterampilan proses sains siswa. diperoleh nilai r hitung untuk data kemampuan skill argumentasi siswa dan keterampilan proses sains siswa adalah 0,551 dengan r tabel 0, 349, tentu saja r hitung tersebut lebih besar dari r tabel, dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 yang tentu saja lebih kecil dari 0,05. Hasil dari uji regresi diperoleh r hitung yang lebih besar dari r tabel dan nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,001, dan koefisien regresi bernilai positif, maka Ho ditolak dan H 1 diterima. Hal ini berarti terdapat hubungan antara variabel skill argumentasi siswa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing dengan variabel keterampilan proses sains. %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints15162