TY - UNPB ID - eprints15164 UR - http://digilib.unila.ac.id/15164/ A1 - 0853022049, SITI MUSAROFAH Y1 - 2012/10/18/ N2 - Kebanyakan di lapangan guru lebih aktif daripada siswa. Guru mengambil inisiatif dalam menetapkan dan memecahkan masalah dalam pelajaran. Segala sesuatu diinformasikan kepada siswa sehingga siswa tinggal menerimanya. Oleh sebab itu siswa lebih banyak diam dan berpura-pura mengerti. Dengan mendengarkan pendapat siswa maka siswa dapat memahami dan menemukan konsep dari materi tersebut secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh skill argumentasi ilmiah siswa terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 12 Bandar Lampung saat pembelajaran khususnya fisika kebanyakan siswa hanya mendengarkan dan menghafal rumus yang diberikan. Siswa lebih cenderung pasif dan bersikap menerima saja apa yang di sampaikan oleh guru tanpa mencoba mengeluarkan pendapat sendiri sesuai dengan pengetahuannya. Oleh karena itu dilakukan penelitian mengenai skill argumentasi siswa untuk mengetahui seberapa dalam siswa dapat mengapresiasikan materi yang telah dipelajari menggunakan bahasa mereka sendiri. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 12 Bandar Lampung, menggunakan satu kelas yaitu Siti Musarofah Siti Musarofah kelas X 2 dengan jumlah sampel 34 siswa dan menggunakan desain One-Shot Case Study. Pada penelitian ini data skill argumentasi ilmiah diperoleh dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dberikan kepada setiap siswa dengan menilai pendapat setiap siswa pada LKS sesuai dengan matriks penskoran argumentasi sedangkan hasil belajar siswa dengan mengambil nilai hasil ujian setelah sampel diberi perlakuan dengan menggunakan instrumen berbentuk soal essay dengan 5 buah soal. Kemudian untuk menguji pengaruh dilakukan uji linearitas, korelasi, dan regresi linear sederhana antara data skill argumentasi dan hasil belajar siswa dengan sebelumnya menguji terlebih dahulu soal dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Pembelajaran dengan menggunakan skill argumentasi selain dapat meningkatkan pemahaman dan cara berpikir kritis siswa juga dapat menumbuhkan mental siswa. Sehingga penilaian siswa tidak hanya dilihat dari hasil belajar namun keaktifan dalam memberikan pendapat terhadap suatu masalah dalam materi yang dipelajari dan siswa juga dapat belajar cara menyampaikan pendapat yang baik dan benar. Karena pendapat merupakan faktor penting dalam bidang sains. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh linear yang positif dan signifikan antara skill argumentasi ilmiah siswa terhadap hasil belajar fisika siswa dengan kontribusi determinan sebesar 14% dan persamaan regresinya adalah . PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENGARUH SKILL ARGUMENTASI ILMIAH SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING AV - restricted ER -