@unpublished{eprints15165, month = {Oktober}, title = {HUBUNGAN SIKAP ILMIAH DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI)}, school = {Universitas Lampung}, author = {Tresna Ayuningtyas 0853022052}, year = {2012}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15165/}, abstract = {Sikap ilmiah dalam pembelajaran fisika sangat diperlukan karena dapat memotivasi kegiatan belajarnya. Hal ini sangat berhubungan dengan hasil dari kegiatan belajar siswa kearah yang positif. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian untuk mengetahui hubungan sikap ilmiah dengan Keterampilan Proses Sains dalam model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Desain penelitian ini adalah one shot case study. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII f SMP N 3 Bandar Lampung. Pengambilan Sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan teknik analisis data menggunakan uji Bivariate Correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap ilmiah dengan KPS siswa dengan nilai korelasi yaitu 0,880 yang termasuk dalam kategori sangat kuat.} }