title: PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) creator: 0853022057, Yeni Yati subject: description: Salah satu alternatif model pembelajaran yang diharapkan efektif digunakan untuk mengatasi pembelajaran yang membosankan dan monoton yaitu penggunaan model pembelajaran CLIS. Model pembelajaran CLIS adalah pembelajaran yang dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Karena di dalam pembelajaran meperhatikan pengetahuan awal dengan menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber ajar siswa terdiri dari 5 tahap meliputi tahap orientasi, pemunculan gagasan, penyususan gagasan ulang, penerapan gagasan, mengkaji ulang perubahan gagasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar melelui model pembelajaran CLIS terhadap penguasaan konsep fisika. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII, di SMP N 26, Bandar Lampung sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIII B semester genap tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 34 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling. Variabel terdiri dari variable independen yaitu motivasi (X) dan variable dependennya adalah penguasaan konsep (Y). Yeni Yati Data dianalisis dengan menggunakan SPSS 17.0, hasil analisis menunjukkan bahwa hasil uji normalitas data beristribusi normal. Selanjutnya dilakukan analisis data dengan melakukan uji linieritas dan diperoleh bahwa data mempunyai hubungan yang linier. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi dengan penguasan konsep siswa yang ditunjukkan oleh nilai sig pada motivasi adalah sebesar 0,033. Artinya semakin tinggi motivasi maka semakin meningkat hasil belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap penguasaan konsep fisika siswa dengan penerapan model pembelajaran CLIS sebesar 13,5% pada pokok materi getaran gelombang siswa kelas di SMP N 26, Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012. date: 2012-11-18 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15167/1/1.%20Cover.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15167/2/2.%20Cover%20dalam.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15167/3/3.%20Abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15167/4/4.%20Menyetujui.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15167/5/5.%20Mengesahkan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15167/6/6.%20Surat%20Pernyataan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15167/7/7.%20Riwayat%20Hidup.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15167/8/8.%20Motto.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15167/9/9.%20Persembahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15167/10/10.%20Sanwacana%20sply.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15167/11/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15167/12/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15167/13/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15167/14/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15167/14/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15167/15/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15167/16/DAFTAR%20ISI%20yeni.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15167/17/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15167/18/DAFTAR%20TABEL.pdf identifier: 0853022057, Yeni Yati (2012) PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS). Other thesis, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/15167/