%0 Thesis %9 Other %A 0713053030, Hendrik Ivana %B FKIP %D 2012 %F eprints:15169 %I Universitas Lampung %T MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN TERPADU MODEL CONNECTED PADA SISWA KELAS V B SDN I TAMBAH DADI LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/15169/ %X Pembelajaran matematika di kelas V B SDN 1 Tambah Dadi Lampung Timur cenderung menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran dan materi diajarkan secara terpisahpisah walapun terdapat keterkaitan konsep, pembelajaran bersifat teacher centre, guru belum menggunakan media pembelajaran, perhatian guru terhadap siswa rendah serta kurangnya kepercayaan diri siswa. Hal tersebut berdampak pada rendahnya aktivitas belajar siswa serta rata-rata hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V B SDN 1 Tambah Dadi Lampung Timur menggunakan pembelajaran terpadu model connected. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus, masing masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes dan menggunakan alat pengumpul data berupa lembar observasi dan tes hasil belajar, kemudian data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran terpadu model connected dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari peningkatan persentase aktivitas dan ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 65,5%, pada siklus II sebesar 72,79%, dan pada siklus III sebesar 81,25% serta persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 56,25%, pada siklus II sebesar 68,75%, dan pada siklus III sebesar 81,25%.