%A Linda Eni Kristanti 0813053039 %T PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVA SD NEGERI 10 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih rendah di kelas IVA SD Negeri 10 Metro Pusat khususnya pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS dengan menggunakan model cooperative learning tipe group investigation. Metodologi penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus dan masing-masing siklus melalui empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengambilan dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar, dengan menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes, penelitian ini dianalisis menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan persentase aktivitas siswa dan rata-rata hasil belajar siswa tiap siklus. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 50%, meningkat pada siklus II menjadi 70,33%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 89,58%. Begitu pula rata-rata hasil belajar siswa yang selalu meningkat dari 56,28 pada siklus I, menjadi 63,16 pada siklus II, dan 73,34 pada siklus III. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan dari siklus I, siklus II, hingga siklus III dapat disimpulkan bahwa penggunaan cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IVA SD Negeri 10 Metro Pusat. %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints15170