%0 Thesis %9 Other %A 0913099007, E S I H %B FKIP %D 2012 %F eprints:15174 %I Universitas Lampung %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA TEMA DIRI SENDIRI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 4 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %U http://digilib.unila.ac.id/15174/ %X Berdasarkan data observasi awal yang diperoleh di SD Negeri 4 Metro Utara yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dari 30 siswa hanya 10 siswa yang mencapai nilai KKM yaitu 60. Berdasarkan kenyataan di atas peneliti menerapkan penggunaan media gambar yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tema Diri Sendiri. Penelitian ini melibatkan 30 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuaan, kelas I SD Negeri 4 Metro Utara pada semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan metode observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan cara analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 56,0 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 65,0. (2) Rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 58,7 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 71,3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran