TY - UNPB ID - eprints15176 UR - http://digilib.unila.ac.id/15176/ A1 - 1013079016, BERTA SURI Y1 - 2012/09/18/ N2 - Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 2 Candimas Kecamatan Natar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan metode kerja kelompok di kelas IV SDn 2 Candimas Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu rancangan tindakan, melaksanakan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kerja kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika di kelas IV. Pada siklus I pencapaian aktivitas belajar siswa pada kategori rendah 48.3% dan pada siklus 2 17.2%. Perbedaan rerata tingkat aktivitas, pada siklus 1 sebesar 38% dan pada siklus 2 naik menjadi 59%. Berarti mengalami peningkatan sebesar 21%. Hasil belajar diketahui pada siklus I terdapat 48.3% siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yaitu 60, dan pada siklus II seluruh siswa mencapai KKM yaitu sebesar 71.38. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE KERJA KELOMPOK SISWA KELAS IV SDN 2 CANDIMAS KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 AV - restricted ER -