TY - UNPB ID - eprints15177 UR - http://digilib.unila.ac.id/15177/ A1 - 1013079028, ENDAR WAENI Y1 - 2012/10/10/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Metode penelitian yang digunakanakan adalah penilitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian dilakukan dengan kegiatan yang berdaurulang melalui tahapan sebagai berikut ; (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan baik aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, maupun kinerja guru. Hal tersebut tercermin dari aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 39,7 % meningkat menjadi 76 % pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 36,3 %. Hasil belajar siswa siklus I siswa yang tuntas belajar hanya mencapai 42,42 % meningkat menjadi 96,97 % pada siklus II , terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar 54,55 % dan kinerja guru dalam pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai 71,8 meningkat menjadi 78,9 pada siklus II, terjadi peningkatan nilai sebesar 7,08. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS IV B SD NEGERI 8 KARANG ANGAR JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011-2012 AV - restricted ER -