%0 Thesis %9 Other %A 1013079306, TEKAD %B FKIP %D 2012 %F eprints:15178 %I Universitas Lampung %T UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 SERDANG KECAMATAN TANJUNGBINTANG %U http://digilib.unila.ac.id/15178/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Peningkatan aktivitas belajar IPA dengan menggunakan media gambar pada siswa Kelas IV SD Negeri 3 Serdang Kecamatan Tanjungbintang, (2) Peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan media gambar pada siswa Kelas IV SD Negeri 3 Serdang Kecamatan Tanjungbintang. Penelitian sejumlah 27 orang siswa SD Negeri 3 Serdang . Pengambilan data menggunakan metode observasi, tes tulis dan perbuatan, serta dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan tiga siklus. Setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan secara berurutan berupa: pembelajaran klasikal, dan pembelajaran kelompok menggunakan media gambar. Hasil penelitian pada siklus I, aktifitas pembelajaran klasikal hanya mencapai 54,22%, pada siklus II 66,15% naik pada siklus III 84,61%. Dan hasil penelitian untuk pembelajaran kelompok menggunakan media gambar siklus I, 74,82%, siklus II 86,16% dan siklus III 92,77%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa tiap per siklus mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dari siklus I 66,66% naik pada silkus II yaitu 76,92% dan pada siklus III mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran menggunakan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Serdang Kecamatan Tanjungbintang. Maka disarankan kepada (1) para guru, untuk meningkatkan proses pembelajaran maupun hasil belajar IPA, (2) Bagi peneliti yang ingin melakukan penelitian lanjutan sesuai dengan penelitian ini juga disarankan agar membuat persiapan yang lebih sempurna agar lebih terarah dan mendapatkan hasil yang maksimal.