@unpublished{eprints15180, month = {September}, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE DISCOVERY PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KEBAGUSAN GEDONGTATAAN PESAWARAN }, school = {Universitas Lampung}, author = {YUSNANI 1013109069}, year = {2012}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15180/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) peningkatan aktivitas belajar IPA melalui metode Discovery pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kebagusan Gedongtataan Persawaran, (2) prestasi belajar IPA melalui metode Discovery pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kebagusan Gedongtataan Persawaran. Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan kelas,di 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap meliputi : perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data melalui observasi dan kemudian dianalisis secara deskriptif konstitusi. Hasil penelitian menunjukan (1) rata- rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan , pada siklus 1 sebesar 65,17\% menjadi 77,10\% .(2) rata- rata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan , pada siklus I sebesar 63,33\% menjadi 86,67\% .} }