TY - UNPB ID - eprints15183 UR - http://digilib.unila.ac.id/15183/ A1 - 1013109117, MASRUROH Y1 - 2012/11/19/ N2 - Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Kedondong Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran dengan objek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah siswa 23 orang. Selama ini dalam proses belajar mengajar pada kelas IV khususnya mata pelajaran IPA sering timbul permasalahan : 1). Rendahnya minat belajar siswa di SDN 3 Kedondong Kabupaten Pesawaran pada pelajaran IPA. 2). Rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang materi perubahan wujud benda. 3). Guru dalam pembelajaran IPA masih menggunakan metode ceramah tanpa dibarengi metode lain. 4). Aktivitas siswa belum dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan tindakan kelas (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana teknik pembelajaran diterapkan dan hasil yang diinginkan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dilaksanakan melalui siklus dengan 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes dengan menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes data yang terkumpul dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1, rata-rata 63,8 menjadi rata-rata 79,1 pada siklus 2. Demikian juga dengan peningkatan aktivitas siswa rata-rata 71,0 pada siklus 1, menjadi rata-rata 76,9 pada siklus 2. Dan aktivitas guru dari 68,75% menjadi 87,5% Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan metode demonstrasi pembelajaran IPA akan meningkat PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWAKELAS IV SDN 3 KEDONDONG KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2012 - 2013 AV - restricted ER -