%A ENDRALELA 1013127010 %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 1 WAYHALOM TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X Masalah dalam penelitian ini rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Wayhalom pada mata pelajaran IPA khususnya materi pesawat sederhana. Terbukti dari 28 siswa, yang tuntas hanya 12 siswa (42,86%) dan selebihnya 16 siswa (57,14%) belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas hanya mencapai 51,40. Tujuan penelitian ini Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Wayhalom dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri I Wayhalom yang berjumlah 28 siswa. Setiap siklus menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis dan observasi. Instrumen tes tertulis digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, sedangkan instrumen observasi digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas secara berturut-turut yaitu 59,46 dengan persentase ketuntasan sebesar 53,57% dan 73,39 dengan persentase ketuntasan sebesar 85,71%. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa pada setiap siklusnya, yaitu 61,11% dengan kategori cukup aktif, dan 80,5% dengan kategori aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri I Wayhalom. %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints15188