%0 Thesis %9 Other %A 1013137015, NURHALIMAH %B FKIP %D 2012 %F eprints:15192 %I Universitas Lampung %T ENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS IV SDN 1 SUKADANA ILIR LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %U http://digilib.unila.ac.id/15192/ %X Hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Sukadana Ilir rendah. Pembelajaran matematika tidak mengaitkan materi matematika dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika, melalui pembelajaran dengan pendekatan CTL. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Data dianalisis dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan CTL dalam proses pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN 1 Sukadana Ilir dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (60,50%), siklus II (75,21%), dan siklus III (85,19%). Sementara persentase rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (55,83), siklus II (72), dan siklus III (77,5).