TY - UNPB ID - eprints15195 UR - http://digilib.unila.ac.id/15195/ A1 - 0413023021, Egariah Y1 - 2012/10/18/ N2 - Berdasarkan hasil observasi di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung diketahui bahwa, nilai rata-rata penguasaan konsep siswa kelas X.B pada mid semester ganjil tahun 2011/2012 untuk mata pelajaran kimia adalah 62,8. Siswa yang berhasil memperoleh nilai 70 hanya sebesar 35%. Nilai tersebut belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu, sebesar 100% siswa mendapat nilai 70. Penerapan pembelajaran yang digunakan masih berupa metode ceramah dan latihan soal, serta aktivitas relevan (on task) siswa selama proses pembelajaran masih rendah. Penerapan model pembelajaran Learning Cycle 3-E (LC 3E) yang bersifat konstruktivisme menjadi upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep pada materi tatanama senyawa anorganik dan organik serta persamaan reaksi sederhana. 2 Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan (1) rata-rata persentase setiap jenis aktivitas on task, (2) rata-rata persentase penguasaan konsep, dan (3) persentase ketuntasan belajar. Subyek dari penelitian ini adalah kelas X.B dengan jumlah siswa 40 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan menggunakan model pembelajaran LC 3E yang terdiri dari 3 fase yaitu; eksploration, eksplanation, dan elaboration. Hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan (1) rata-rata persentase setiap jenis aktivitas on task siswa untuk aktivitas, mengerjakan LKS sebesar 40%, bertanya pada guru sebesar 36%, menjawab pertanyaan guru sebesar 20% dan memberi pendapat sebesar 12,5%, (2) rata-rata persentase penguasaan konsep kimia siswa sebesar 14,02%, dan (3) persentase ketuntasan belajar siswa 20%. Indikator kerja yang diharapkan adalah terjadinya peningkatan sebesar 10% dari siklus 1 ke siklus 2 untuk aktivitas ontask siswa, penguasaan konsep, dan ketuntasan belajar. Dengan demikian, penerapan LC 3E mampu meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep siswa pada materi tatanama senyawa anorganik dan organik serta persamaan reaksi sederhana. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENERAPAN LEARNING CYCLE 3-E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI TATANAMA SENYAWA ANORGANIK DAN ORGANIK SERTA PERSAMAAN REAKSI SEDERHANA (PTK pada Siswa Kelas X.B SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung) AV - restricted ER -