%0 Journal Article %A 0723011010, Apri Mahendra Putra %D 2011 %F eprints:15206 %J Digital Library %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI BAHASA INGGRIS MELALUI PEMANFAATAN MEDIA KARIKATUR PADA SISWA KELAS IX MTs ANNUR PELOPOR BANDAR JAYA %U http://digilib.unila.ac.id/15206/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perencanaan pembelajaran menulis paragraf deskripsi bahasa Inggris siswa melalui media karikatur, (2) proses pelaksanaan pembelajaran menulis paragraf deskripsi bahasa Inggris siswa melalui media karikatur, (3) sistem evaluasi pembelajaran menulis paragraf deskripsi bahasa Inggris siswa melalui media karikatur, (4) peningkatan prestasi belajar menulis paragraf deskripsi bahasa Inggris siswa melalui media karikatur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dalam tiga siklus. Siklus pertama menulis teks deskripsi dengan menggunakan gambar karikatur warna hitam putih. Siklus kedua menggunakan gambar karikatur berwarna. Siklus ketiga menggunakan gambar karikatur animasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX di MTs Annur Pelopor Bandar jaya Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2010/2011. Data dikumpulkan melalui, observasi, tes dan dokumentasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) perencanaan pembelajaran disusun dengan sintaks: guru menyiapkan beberapa gambar karikatur, siswa mencari kosakata yang berkaitan dengan gambar yang ditampilkan, siswa merangkai kosakata menjadi kalimat, siswa melakukan revisi, guru bersama siswa membuat kesimpulan, (2) proses pembelajaran dengan menggunakan gambar karikatur dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu terlihat dari aktivitas bertanya dan menulis paragraf deskripsi dengan sikap baik. Pada awalnya siswa cenderung kurang memperhatikan, pada siklus selanjutnya siswa lebih tertib dan dapat menulis karangan deskripsi secara individual. Pada siklus ketiga jumlah siswa yang tergolong aktif mencapai 30 siswa (93,80%) pada kelas IXa dan 29 siswa (93,50%) pada kelas IXb, (3) evaluasi dilakukan dengan menilai komponen isi karangan deskripsi, penggunaan bahasa dan penataan gagasan, dan (4) nilai hasil belajar siswa meningkat dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 63 dengan siswa tuntas belajar 20 siswa (32%), nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus II adalah 68 dengan siswa tuntas belajar 28 siswa (44%), dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus III adalah 84 dengan siswa tuntas belajar 53 siswa (84%). Kata kunci: Menulis paragraf deskripsi, media karikatur This research was aimed to analyse, (1) lesson plan, (2) learning process activity in English lesson through caricature picture, (3) learning evaluation system in English lesson through caricature picture, and (4) increasing learning result in English lesson through caricature picture. This research used classroom action research in three cycles. The first cycle was using black and white caricature pictures. The second cycle was using colourful pictures and the third cycle was using animation pictures. The subject of the research was the students of ninth classes of MTs Annur Pelopor Bandar Jaya Central Lampung in academic year of 2010/2011. Data was collected through, observation, written test, and documentations further analyzed by qualitative descriptive. The findings of the study were (1) lesson plan was arranged by syntaxes teacher prepared several pictures, students tried to find vocabularies dealing with the pictures given, students arranged vocabularies became sentences, students did revisions, teacher and students made conclusion, (2) learning process using caricature picture was able to increase students learning activity within aspect of asking and writing description paragraph in a proper manner. At first, students tended to obey the learning prcess, however at the next cycle students were able to write description paragraph individually. At the third cycle, students considered active reaching 30 students (93,80%) in IXa class and 29 students (94%) in IXb class, (3) The evaluation system consist of aspects in writing descriptive paragraph such as the gist of descriptive text, language structure and structure of ideas, and (4) students’ learning result was also increased significantly. In the 1st cycle the students’ average mark was 63 and 20 students (32%) passed the test, in the 2nd cycle there were 28 students (44%) passed the test, and in the 3rd cycle the students’ average mark was 84 with 53 students (84%) passed the test. Key words: descriptive writing paragraph, caricature picture.