TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints15219 UR - http://digilib.unila.ac.id/15219/ A1 - Muthi'ah Karimah, 1113021053 Y1 - 2015/11/18/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk menge-tahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bandar Lampung yang terŽdistribusi dalam 12 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIC dan VIIB yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest ? posttest control design. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan PBL kurang efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa tetapi lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015) AV - restricted ER -