TY - UNPB ID - eprints15220 UR - http://digilib.unila.ac.id/15220/ A1 - 0613023011, SEPTIYANI Y1 - 2012/11/16/ N2 - Berdasarkan hasil observasi dan diskusi dengan guru Kimia yang mengajar di kelas XI SMA Negeri 13 Bandar Lampung, diketahui bahwa dalam proses pembelajaran guru masih dominan menggunakan metode ceramah. Siswa lebih banyak menerima informasi dari guru, sehingga siswa kurang memiliki berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep. Salah satu upaya untuk membantu siswa memahami konsep dan mengoptimalkan peran siswa dalam proses pembelajaran, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle 5 phase (LC 5 phase) dan learning cycle 3 phase (LC 3 phase). Model pembelajaran ini berpusat pada siswa, sehingga siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan rata-rata penguasaan konsep laju reaksi antara penerapan pembelajaran LC 5 phase dengan pembelajaran LC 3 phase. (2) rata-rata penguasaan konsep laju reaksi mana yang lebih tinggi antara penerapan pembelajaran LC 5 phase dengan pembelajaran LC 3 phase. Desain dalam penelitian ini adalah nonequivalent pre test ? post test control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari nilai pre test dan post test. Analisis data menggunakan rumus N-Gain. Uji hipotesis menggunakan uji two independent samples test (uji dua sampel independen) berdasarkan uji Mann-Whitney U dan uji Kruskal Wallis menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan rata- rata penguasaan konsep laju reaksi antara penerapan pembelajaran LC 5 phase dengan pembelajaran LC 3 phase. (2) rata-rata penguasaan konsep laju reaksi dengan penerapan pembelajaran LC 5 phase lebih tinggi daripada pembelajaran LC 3 phase. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP LAJU REAKSI ANTARA PENERAPAN PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5 PHASE DENGAN LEARNING CYCLE 3 PHASE (Kuasi Eksperimen Pada Kelas XI IPA SMAN 13 Bandar Lampung) AV - restricted ER -