%A IGK TRI PUTRA 0713023028 %T EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP LAJU REAKSI SISWA SMA NEGERI 1 NATAR 2011/2012 %X Berdasarkan observasi di SMA Negeri 1 Natar diperoleh data bahwa pembelajar- an di kelas masih disampaikan dengan cara konvensional yaitu hanya melibatkan siswa sebagai pendengar, pencatat, dan penghafal yang baik. Pembelajaran konvensional tersebut belum membimbing siswa untuk lebih menguasai konsep laju reaksi serta melatih kemandirian belajarnya. Oleh karena itu, dirancang pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 3E. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan model pembelajaran Learning Cycle 3E dalam meningkatkan penguasaan konsep laju reaksi siswa SMA Negeri 1 Natar. Efektivitas penerapan model pembelajaran Learning Cycle 3E diukur dengan mendapatkan nilai rata-rata gain yang ternormalisasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar yang tersebar dalam lima kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sampai dengan kelas XI IPA 5. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive cluster sampling, yang didasarkan pada nilai uji blok I tentang materi srtuktur atom dan sistem periodik unsur. Sampel pada penelitian ini kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji-t . %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints15226