%0 Journal Article %A 0723011046, Mapful %F eprints:15236 %J Digital Library %T HUBUNGAN MANAJEMEN DIRI, SARANA BELAJAR, DAN MINAT TERHADAP PENGGUNAAN ICT DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/15236/ %X Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan manajemen diri, sarana belajar dan minat terhadap penggunaan ICT baik secara sendiri-sendiri (korelasi sederhana) maupun secara bersama-sama (multipel korelasi) dengan prestasi belajar matematika. Jenis penelitian menggunakan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI pada Jurusan IPA di SMA Negeri 5 Bandar Lampung yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 159. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling diperoleh dari 60 siswa. Kesimpulan penelitian adalah: 1) Manajemen diri memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,734; 2) Sarana belajar memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,667; 3) Minat terhadap penggunaan ICT memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar matematika koefisien korelasi sebesar 0,660; 4) Manajemen diri dan sarana belajar memiliki hubungan yang signifikan secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,740; 5) Sarana belajar dan minat siswa terhadap penggunaan ICT memiliki hubungan secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,709; 6) Manajemen diri, dan minat siswa terhadap penggunaan ICT memiliki hubungan yang signifikan secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,741; dan 7) Manajemen diri, sarana belajar, dan minat siswa terhadap penggunaan ICT memiliki hubungan yang signifikan secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,745. . Kata Kunci : Manajemen Diri, Sarana Belajar, Minat, ICT, Prestasi Matematika The purpose of the study is to analyze the relationship between the self management a means of learning and interest on the use of ICT good haphazardly (correlation simple) or jointly (multiple correlation) by accomplishments learning about mathematics. The kind of research uses the technique correlation. Population in this research is all the students in the class XI IPA in schools 5 Bandar Lampung consisting of four classes by the number of students 159. The sample uses the technique proportional random sampling obtained from 60 students Conclusion research are: 1 ) the management of self having the relation of a positive closely, and significant by accomplishments learning about mathematics with a correlation coefficient of 0,734; 2 ) a means of learning having the relation of a positive closely, and significant by accomplishments learning about mathematics with a correlation coefficient of 0,667; 3 ) an interest in the use of ICT having the relation of a positive closely, and significant by accomplishments learning about mathematics a correlation coefficient of self 0,660; 4 ) management and means learn having the relation of a positive closely, and significant jointly by accomplishments learning about mathematics with a correlation coefficient of 0,740; 5 ) a means of students learning and interest on the use of ICT having the relation of a positive closely, and significant jointly by accomplishments learning about mathematics 0,709 with a correlation coefficient of self, management; 6 ) and interest the students in the use of ICT having the relation of a positive closely and significant jointly by accomplishments learning about mathematics with a correlation coefficient of 0,741; management self, and 7 ) a means of learning, closely and interest the students in the use of ICT having the relation of a positive and significant jointly by accomplishments learning about mathematics with a correlation coefficient of 0,745. Keywords: management self, a means of learning, the interest, ICT, achievement learning about mathematics