%0 Thesis %9 Other %A 0743021020, Fitri Apriani %B FKIP %D 2012 %F eprints:15239 %I Universitas Lampung %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DITINJAU DARI AKTIVITAS BERTANYA DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bukit Kemuing Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011) %U http://digilib.unila.ac.id/15239/ %X NHT merupakan model pembelajaran yang terdiri dari 4 tahapan yaitu penomoran, pengajuan pertanyaan, berpikir bersama, dan pemberian jawaban. NHT melibatkan siswa secara aktif dan bertanggung jawab dalam memahami materi pelajaran baik secara individu maupun kelompok. Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe NHT ditinjau dari aktivitas bertanya dan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penilitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bukit Kemuning. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen yang dipilih mengunakan teknik purposive sampling. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif ditinjau dari aktivitas bertanya dan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP N 3 Bukit Kemuning tahun pelajaran 2011/2012 .