TY - UNPB ID - eprints15240 UR - http://digilib.unila.ac.id/15240/ A1 - 0743021034, MARISTA SURFIANAWATI Y1 - 2012/10/11/ N2 - Think Pair Share (TPS) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir secara aktif dan mandiri, saling bekerja sama, serta berkomunikasi satu sama lain. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas TPS ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa. Populasi dalam pe- nelitian ini adalah siswa siswa kelas VIII MTs-PSA Nurul Qodiri Way Pengubuan. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan VIII-C sebagai kelas kontrol yang diambil secara cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dari nilai tes pemahaman konsep matematika siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS kurang efektif diterapkan pada pembelajaran matematika pokok bahasan lingkaran ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs-PSA Nurul Qodiri Way Pengubuan semester genap tahun pelajaran 2011/2012. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII MTs-PSA Nurul Qodiri Way Pengubuan Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) AV - restricted ER -