TY - UNPB ID - eprints15246 UR - http://digilib.unila.ac.id/15246/ A1 - 0743021054, TRI AGUSTI ELIATI Y1 - 2012/11/16/ N2 - Pembelajaran Kooperatif tipe STAD merupakan pembelajaran yang menekankan belajar dalam kelompok untuk membantu siswa dalam memahami konsep. Dengan adanya belajar kelompok tersebut siswa akan lebih mudah dalam memahami konsep karena siswa yang pintar akan membantu siswa yang kesulitan dalam memahami konsep, dan kelompok yang masih mengalami kesulitan akan mendapat bimbingan dari guru. Selain itu, siswa akan semangat dalam belajar karena ada penghargaan untuk setiap kelompok yang unggul. Hal ini akan membuat siswa aktif dalam mengikuti jalannya pembelajaran sehingga hasil belajar siswa semakin meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh STAD pada pokok bahasan garis dan sudut terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung. Tri Agusti Eliati Sampel diambil dua kelas secara acak dari tujuh kelas. Data penelitian diperoleh melalui tes yang bentuk instrumennya adalah essay (uraian). Penelitian ini menyimpulkan bahwa rata-rata pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran dengan STAD lebih tinggi dari pembelajaran konvensional. Hal ini berarti bahwa pembelajaran STAD memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Tetapi pembelajaran STAD tidak memberikan pengaruh jika dilihat dari KKM, karena rata-rata nilai pemahaman konsep siswa tidak lebih tinggi dari KKM. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP (Studi Pada Siswa Kelas VII SMPN 20 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) AV - restricted ER -