TY - UNPB ID - eprints15247 UR - http://digilib.unila.ac.id/15247/ A1 - 0743021056, VERA LIDYA Y1 - 2012/10/18/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan contextual teaching and learning pada pokok bahasan bangun datar segiempat yang ditinjau dari aktivitas dan pemahaman konsep matematika siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Bandar Lampung. Sampel penelitian ini adalah kelas VII I dan VII G yang diambil secara purposive random sampling. Data penelitian diperoleh melalui observasi aktivitas belajar dan tes pemahaman konsep matematika siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah pendekatan CTL efektif diterapkan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 12 Bandar Lampung semester genap Tahun Pelajaran 2011/2012. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) AV - restricted ER -