@unpublished{eprints15248, month = {Nopember}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Talangpadang Kabupaten Tanggamus Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012)}, school = {Universitas Lampung}, author = {YULVA SESMITA 0743021059}, year = {2012}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15248/}, abstract = {Think Pair Share merupakan model pembelajaran yang dapat merangsang aktivitas siswa untuk berpikir. TPS mempunyai tiga tahapan yaitu thinking, pairing, dan sharing. Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam meningkatkan aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Talangpadang yang bukan merupakan kelas unggulan. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-C dan VIII-G yang diambil secara purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui observasi aktivitas belajar dan tes kemampuan pemecahan masalah. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif diterapkan dalam meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMPN 2 Talangpadang Kabupaten Tanggamus Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012.} }