%0 Thesis %9 Other %A 0743023012, DEVI KARTIKA SARI %B FKIP %D 2012 %F eprints:15249 %I Universitas Lampung %T PERBEDAAN PENGUASAAN KONSEP SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5 PHASE DENGAN SIKLUS BELAJAR EMPIRIS-INDUKTIF PADA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI %U http://digilib.unila.ac.id/15249/ %X Dalam membelajarkan konsep reaksi reduksi-oksidasi berdasarkan kurikulum KTSP adalah proses belajar mengajar berpusat pada siswa, pembelajar (guru) bertindak sebagai fasilitator. Untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa terhadap materi reaksi reduksi-oksidasi dipengaruhi oleh peran guru didalam memilih model pembelajaran yang tepat. Model-model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan berazaskan teori konstruktivisme yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran LC 5-E dan SBEI. Dari dua model pembelajaran tersebut apakah terdapat perbedaan rata-rata penguasaan konsep reaksi reduksi-oksidasi, apakah rata-rata penguasaan konsep reaksi reduksi- oksidasi yang menggunakan model pembelajaran LC 5-E lebih tingggi daripada model pembelajaran SBEI. Sehingga tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan ada tidaknya perbedaan penguasaan konsep reaksi redoks