%0 Thesis %9 Other %A 0743023017, Eti Nurmayanti %B FKIP %D 2012 %F eprints:15250 %I Universitas Lampung %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/15250/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan penguasaan konsep kesetimbangan kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling. Penelitian ini menggu- nakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Pretest-Postest Control Group Design. Besarnya peningkatan penguasaan konsep dalam pembelajaran ini diukur berdasarkan rumus gain ternormalisasi (n-Gain) yang dikemukakan oleh Meltzer. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata n-Gain penguasaan konsep pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, masing-masing sebesar 0,20 dan 0,35. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t dapat disimpulkan bah-wa rata-rata peningkatan penguasaan konsep kesetimbangan kimia pada kelas yang diterapkan pembelajaran problem solving lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajar- an konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep kesetimbangan kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bandar Lampung.