@unpublished{eprints15254, month = {Nopember}, title = {EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI POKOK ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KLASIFIKASI DAN INFERENSI }, school = {Universitas Lampung}, author = {SITI ZULAIHAH 0743023054}, year = {2012}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15254/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan adalah untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran penemuan terbimbing dalam meningkatkan keterampilan klasifikasi dan inferensi pada materi pokok asam basa. Model pembelajaran penemuan terbimbing yang digunakan terdiri dari 3 fase, yaitu fase eksplorasi, penemuan konsep dan aplikasi konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2011/2012 sejumlah 148 siswa yang terbagi ke dalam lima kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Diperoleh sampel kelas X 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas pembelajaran penemuan terbimbing diukur berdasarkan peningkatan gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan klasifikasi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,22 dan 0,34; dan rerata n-Gain keterampilan inferensi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,28 dan 0,40. Berdasarkan uji hipotesis, menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan pembelajaran penemuan terbimbing memiliki keterampilan klasifikasi dan inferensi lebih tinggi dari pada kelas dengan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penemuan terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan klasifikasi dan inferensi siswa kelas XI IPA SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung. } }