%0 Thesis %9 Other %A 0813021003, Astri Setyawati %B FKIP %D 2012 %F eprints:15256 %I Universitas Lampung %T PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi pada siswa kelas VIII SMPN 2 Purbolinggo Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) %U http://digilib.unila.ac.id/15256/ %X Mengingat bahwa matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa, maka salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran matematika di sekolah adalah dengan memilih model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana pembel- ajaran yang membuat siswa senang, interaktif, dan kondusif. Salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif yaitu Two Stay Two Stray (TSTS). Model pembelajaran kooperatif tipe TSTS merupakan model pembel- ajaran yang menekankan pada pemberian dan pencarian informasi kepada kelompok lain melalui diskusi dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatit tipe TSTS terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan posttest control design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Purbo- Astri Setyawati linggo Lampung Timur yang terdistribusi dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random terhadap kelas, dan diperoleh kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS yaitu 63,6 sedangkan pada kelas yang menerapkan model pembelajaran konven- sional yaitu 52,5. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika.