%0 Thesis %9 Other %A 0813021004, Bill Susanto %B FKIP %D 2012 %F eprints:15257 %I Universitas Lampung %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Terbanggibesar Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) %U http://digilib.unila.ac.id/15257/ %X Paradigma yang berkembang di masyarakat tentang pelajaran matematika sebagai pelajaran yang menakutkan dan membosankan adalah suatu hal yang cukup beralasan. Pendidikan matematika di Indonesia selama ini belum maksimal meningkatkan pemahaman matematika yang baik pada siswa, tetapi berhasil menumbuhkan perasaan takut, persepsi terhadap matematika sebagai ilmu yang sukar dikuasai, tidak bermakna, membosankan, dan menyebabkan stres pada diri siswa. Keberhasilan proses pembelajaran dapat ditentukan dari aspek kognitif dan aspek afektif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran StudentTeams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar dan disposisi matematis siswa. Jenis penelitian adalah eksperimental semu, populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Terbanggibesar. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII B dan VII G yang terpilih dengan menggunakan teknik purposive sampling.