%0 Thesis %9 Other %A 0813021014, Yunita Mustiani %B FKIP %D 2012 %F eprints:15258 %I Universitas Lampung %T EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS (Studi pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Seputih Raman Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) %U http://digilib.unila.ac.id/15258/ %X Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menye- nangkan, menantang, dan memotivasi siswa untuk ikut berpartisipasi secara aktif. Untuk mencapai pembelajaran tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Model ini diharapkan dapat membuat siswa aktif baik dalam berdiskusi, bertanya jawab, berbagi informasi dengan saling berkunjung antarkelompok sehingga siswa dapat lebih memahami konsep pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain one shot case study. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seputih Raman Lampung Tengah yang terdistribusi dalam 6 kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas secara random terhadap kelas dan diperoleh kelas VIII C dan VIII D. Data penelitian berupa data aktivitas belajar dan data pemahaman konsep Yunita Mustiani matematis siswa yang diperoleh melalui observasi dan tes dengan menggunakan lembar observasi aktivitas dan perangkat tes. Hasil analisis data diperoleh persentase siswa aktif untuk kelas VIII C dan VIII D adalah 80% dan persentase siswa tuntas belajar untuk kelas VIII C dan kelas VIII D berturut-turut adalah 80% dan 76,6%. Hasil uji proporsi diketahui bahwa persentase siswa aktif dan siswa tuntas belajar berturut-turut adalah lebih dari atau sama dengan 65% dan 60%. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TSTS efektif diterapkan pada pembelajaran matematika ditinjau dari aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematis siswa.